Senin, 26 Januari 2009

UIN Suska Jaring Calon Rektor

UIN Suska Jaring Calon Rektor


PEKANBARU - Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, bakalan memilih calon rektor baru. Sebab jabatan rektor saat ini sudah berada di ujung jabatan pada bulan April 2009 mendatang. Karena itulah, rapat senat dan keputusan sedang mengirim formulir untuk calon rektor.

"Sejak tanggal 5 Januari lalu, pihak rektorat mengirim formulir blangko perdaftaran ke seluruh UIN dan IAIN seluruh Indonesia," jelas Rektor UIN SUSKA Riau, Prof Dr H M Nazir kepada Metro Riau Kamis (8/1) lalu.

Beberapa hari kedepan ini, Rektor bersama dengan senat UIN suska terus merumuskan tata cara pemilihan rektor. Memang sudah ada acuan pemilihan rektor dari Menteri Agama. Tapi perlu dijabat kembali, sehingga dalam pemilihan nantinya bisa berjalan dengan lancar."Dalam rapat senat, pembahas sampai kepada pemilihan seperti apan." jelas Nazir.

Setelah formulir dikembalikan, dilakukan verifikasi terhadap formulir, yang pasti calon yang bisa ikut harus berpendidikan strata 3 (S3) dan mutlak harus berahklaq dan bertaqwa."Usai verifikasi, dilakukan penyampaian visi dan misi," papar Nazir.

Setelah tahapan semua selesai, diperkirakan pemilihan rektor pada akhir Januari. Untuk tanggal pasti belum bisa ditentukan, sebab sampai saat ini senat senang membahas mekanisme pemilihan rektor."Pemilihan rektor sekarang, beda dengan sebelumnya. Hanya anggota senat saja yang memiliki suara, dulu bisa melibatkan mahasiswa dan dosen," papar Nazir.

Bagaimanapun Nazir berharap, calon rektor yang terpilih nantinya hendaknya bisa meneruskan perjuangan UIN, sehingga UIN bisa menyamakan dengan universitas yang ada di Asia Tenggara."Rektor terpilih nantinya harus tidak keluar jalur visi dan misi," ungkap Nazir.

Hal yang sama juga disampaikan Pembantu Rektor II, Dr Ilyas Husti. Pada pemilihan rektor UIN tahun ini, sangat jauh sekali berbeda. Namun diharapkan rektor terpilih dapat membawa UIN kearah yang lebih baik lagi," imbuh Ilyas.

(Malik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar