Senin, 26 Januari 2009

Tahun Kerbau

Tahun Kerbau
Di Butuhkan Kerja Keras

PEKANBARU - Pada tahun baru imlek 2560 bersamaan dengan tahun 2009 ini, merupakan tahun kerbau. Makna dari tahun kerbau itu sangat besar sekali, salah satu diantaranya, menyampaikan pesan untuk tetap bekerja lebih keras lagi, agar bisa keluar dari krisis ekonomi.

"Memang pada dasarnya kita harus bekerja gigih, agar perekonomian tetap meningkat," jelas Tokoh Masyarakat Tionghoa, Sonika .

Disimbolkan kerbau, sesunguhnya kerbau dalam menjalankan usaha sangat ulet, sangat produktif dan bekerja keras. Kerbau tidak pernah melanggar kodratnya untuk tetap bisa membantu manusia."Setiap hasil pertanian yang dimakan manusia, tidak lepas dari usaha kerbau yang membajak tanah. Karena perkembangan waktu saja, kerbau digantikan dengan teknologi," kata Sonika.

Setelah pembantu manusia dengan tidak meminta pamrih, manusia dihadapkan dengan situasi susah, karena manusia tidak bisa bekerja lagi. Kerbau merelakan dirinya untuk dikorbankan, agar daging bisa dimakan sama manusia."Sudah di bantu manusia, dirinya juga dikorbankan," ujar Sonika.

Diambil simbol kerbau itu, tidak lain karena kerbau pada zaman dulunya sangat besar sekali jasa terhadap manusia. Kerbau berkorban tanpa pamrih, walaupun harus dirinya dikorbankan."Sampai akhir hayat kerbau tetap berusaha membantu manusia,"" papar Sonika.

Dengan adanya tahun kerbau ini, tentunya sangat sulit sekali mencari manusia yang bisa mengambil sifat kerbau, siap sedia berkorban dengan tidak meminta pamrih."Jika ada hanya bisa dihitung dengan jari, tapi lebih banyak berkorban tapi diujungnya ada pamrih," jelas Sonika.

Selain Tahun Kerbau, angka sembilan pada setiap tahun, apalagi bersamaan dengan tahun 2009 ini, merupakan angka yang sangat ditakutkan bagi masyarakat Tionghoa. Sebab angka 9 merupakan angka yang paling tinggi diantara angka yang ada, bahkan untuk bisa melewati angka 9 dibutuhkan berjuangan yang gigih. Jika bisa melewati angka tahun 9, tentunya langkah yang baik bagi yang menjalaninya."Hampir mayoritas masyarakat tionghoa takut dengan ada 9, tapi ada juga angka 9 menjadi hoki bagi mereka," ujar SOnika.

Terkait dengan Ekonomi di Riau, Kata Sonika, tentunya perlu perjuangan dan kerja sama dari semua unsur masyarakat. Sonika bisa mencontohkan kepada jatah pusat ke Riau, agar jatah Raiu itu sangat realistis."Dengan adanya tahun kerbau ini, tentunya menjadi pemikiran kita semua, bagaimana kita bisa berjuang demi riau," imbuh Sonika.

(Malik)


Sebagai pengetahuan
Pada tahun cina itu, terdapat 12 simbol.

1. Tikus
2. Kerbau
3. Harimau
4. Kelinci
5. Naga
6. Ular
7. Kuda
8. Kambing
9. Monyet
10. Ayam
11. Anjing
12. Babi

Setiap 12 simbol ada 5 unsur
1. Logam
2. Katu
3. Air
4. Tanah
5. Api

Pada tahun 2009 atau 2560 tahun imlek, disimbolkan tahun Kerbau Logam. Siklus 60 tahun kedepan, tahun cina itu, kembali kepada tahun Kerbau Logam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar