Senin, 26 Januari 2009

RTB Optimis Perekonomian Masyarakat Bisa Tumbuh

Ada fotonya papan reklame yang akan dipasang dan foto ketua RTB

RTB Optimis Perekonomian Masyarakat Bisa Tumbuh
Buat Agenda Acara Setiap Kecamatan

PEKANBARU - Berdasarkan kajian yang dilakukan Riau Tourism Board (RTB), bahwa perekonomian masyarakat bisa tumbuh, jika pemerintah mewajibkan setiap kecamatan yang ada di Riau membuat sebuah agenda acara. Sebab, selama ini agenda acara hanya dilakukan di ibu kota kabupatan atau kota.

"Kalau sudah ada acara, tentunya bakalan ada yang melihatnya," jelas Ketua RTB, Fadlah Sulaiman melalui selulernya, Minggu (11/1).

Orang yang datang pada acara yang diselenggarakan, tentunya mereka bakalan mengeluarkan biaya. Seperti transportasi kelokasi acara, belanja makan, sampai kepada membeli krajinan tangan yang ada di lokasi acara."Jika ini dipraktekkan, tentunya masyarakat berupaya untuk menyediakan, sehinggan daya kratifitas tumbuh termasuk juga perekonomian ikutan tumbuh," jelas Fadlah.

Kalau sudah ini dilakukan, tentunya pariwisata bisa mengentas kemiskinan. Sebab masyarakat bisa membuat sebuah produk, mengadakan agenda acara dan ada sebuah objek yang ditampilkan."Jangan berpikir masalah sarana dan prasarana infastrukturlah, sebab wisatawan dipastikan datang jika ada agenda acara," ungkap Fadlah

Menurut Fadlah, pada tahun 2009 ini Fadlah merasa optimis tingkat kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri bakalan meningkat. Prediski Fadlah pada tahun 2009 ini, sekitar 4,4 juta orang yang bakalan datang ke Riau."Kalau dihitung setiap orang mengeluarkan biaya Rp1 Juta satu hari, jika 4,4 juta orang. Bisa Rp4,4 Triliun uang berputar di Riau," papar Fadlah.

Kalau ini tidak segera dilakukan oleh kacamatan yang ada di Riau, Fadlah tidak yakin perekonomian masyarakat Riau bisa tumbuh. Tapi pertumbuhan ekonomi hanya terjadi di perkotaan saja."Makanya RTB meminta kepada kabupaten kota untuk dapat mendukung kecamatan membuat agenda acara, agenda itu di promosikan melalui papan reklame yang ada di setiap kecamatan, agar masyarakat bisa tahu dan bisa menyiapkan semua kebutuhan pada hari agenda acara dilakukan," imbuh Fadlah.

(malik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar